honda brio satya 460x306 Honda Garansi Mesin Brio Satya Lebih Ampuh

JAKARTA (DP) — Jika Daihatsu Ayla dan Toyota Agya memilih menggunakan mesin 1,0 liter dengan pilihan transmisi otomatis atau manual, maka Honda Brio menawarkan mesin lebih besar, 1,2 liter. Sayangnya, Honda Brio Satya hanya tersedia dengan transmisi manual.

Tanpa adanya pilihan Brio Satya bertransmisi automatic, menimbulkan pertanyaan, mengapa tidak ada? Apakah ini salah satu bagian dari strategi Honda?

“Untuk Honda Brio Satya, saat ini, dikencani oleh transmisi manual. Ini karena keterbatasan waktu yang kami miliki terkait ketentuan mobil kategori LCGC, tapi untuk di masa depan tidak menutup kemungkinan Brio Satya akan hadir dengan transmisi otomatis,” terang Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Untuk tampilan secara keseluruhan tidak ada yang membedakan antara Brio Satya dengan Brio sebelumnya. Hanya harga Brio Satya lebih murah dari Brio. Penyebabnya Brio Satya diproduksi di Indonesia dan Brio diimpor dari Thailand secara utuh.

Dengan mesin 1,2 liter pada Brio Satya, Honda ingin memberikan mobil dengan harga terjangkau (murah) namun memiliki tenaga besar (Agya/Ayla 65 hp vs. Brio Satya 88 hp). Selain itu menurut Honda, kontur jalan-jalan di Indonesia diwarnai tanjakan dan turunan, sehingga dibutuhkan mesin lebih bertenaga.

“Kami melihat kontur jalan-jalan di Indonesia menanjak dan menurun, bahkan sering kita lihat para pemilik mobil membawa beban berlebihan. mengenai efisiensi BBM, itu bergantung gaya berkendara,” tutur Jonfis.

“Kami pun tidak memiliki rencana untuk menelurkan mesin 1,0 liter untuk Brio Satya.